Rabu, 13 Maret 2019

Lima Plengkung, Gapura Utama Keraton Yogyakarta yang Mempunyai Sejarah

sumber: kratonjogja.id


Selama dua puluh tahun tinggal di Yogyakarta, saya belum banyak mengenal tentang sejarahnya kota Gudeg ini. Padahal kota Yogyakarta banyak menyimpan ribuan sejarah yang tak banyak diketahui orang. Salah satunya sejarah tentang Keraton Yogyakarta. Saya pun tertarik untuk menulis bangunan yang berhubungan dengan akses masuk wilayah keraton. Lebih pasnya pintu gerbang masuk keraton yaitu plengkung.

Dahulu, plengkung ini menjadi pintu utama ketika masuk ke area keraton yang di kanan kirinya terdapat beteng yang besar. Ada lima plengkung Keraton Yogyakarta yang sangat penting keberadaanya. Namun seiring perkembangan zaman, hanya tinggal dua plengkung yang masih utuh. Tiga lainnya sudah tidak menyerupai bentuk aslinya,  bahkan satu plengkung hampir tidak ada. 

Berikut ini lima Plengkung Keraton Yogyakarta yang menyimpan sejarah:

1.Plengkung Tarunasura


Salah satu plengkung yang masih utuh bentuknya, berada di daerah Wijilan sebelah timur Alun-alun Utara. Lebih dikenal dengan Plengkung Wijilan. Sejarahnya plengkung ini dulu berisikan para prajurit muda yang tugasnya menjaga keraton. Sehingga dinamakan plengkung Tarunasura Bangunan ini masih utuh walaupun tembok kanan kirinya sudah hilang bentuknya. Dears, kalau kamu ingin menikmati kuliner gudeg Wijilan, kamu akan melewati plengkung ini. 

2. Plengkung Nirbaya



Nah, Plengkung Nirbaya ini satunya lagi plengkung yang masih utuh, Dears. Plengkung Nirbaya sering dikenal dengan Plengkung Gading, berada di sebelah selatan Alun-alun Selatan.  Lebih tepatnya sebagai pintu masuk menuju area Keraton Yogyakarta. Untuk tahu lebih lengkapnya baca ini

3. Plengkung Jagasura



Plengkung yang berada di sebelah Barat Alun-alun Utara ini sudah tidak utuh lagi, tetapi masih ada sisanya yang berbentuk seperti gapura. Plengkung Jagasura lebih dikenal dengan Plengkung Ngasem. Jagasura artinya adalah prajurit pemberani, karena dahulu gerbang ini dijaga oleh prajurit-prajurit yang gagah berani dan tegas. Plengkung Jagasura sudah tidak memiliki bentuk asli lagi karena dipengaruhi beberapa faktor alam dan manusia sehingga dibongkar pada tahun 1931.

4. Plengkung Jagabaya



Karena letaknya di kawasan Tamansari, Plengkung Jagabaya sering disebut Plengkung Tamansari. Plengkung ini berada di sebelah Barat Keraton Yogyakarta. Kondisi plengkung ini sama seperti Plengkung Jagasura, sudah tidak berbentuk seperti aslinya. Walaupun Plengkung Jagabaya kini hanya berbentuk gapura, namun masih terawat. Arti dari Jagabaya itu sendiri adalah menjaga dari bahaya. 

5. Plengkung Madyasura

Letaknya berada di sisi Timur Keraton Yogyakarta, tepatnya di Jalan Mantrigawe. Plengkung Madyasura sering disebut dengan Plengkung Buntet atau tertutup. Pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII plengkung ini dipugar. Dikutip dari kratonjogja.id pada tanggal 20 Juni 1812 bala tentara Inggris menyerang Keraton Yogyakarta dengan meledakkan gudang mesiu dekat Plengkung. Perang ini yang menyebabkan Plengkung Madyasura ditutup, karena pihak keraton mendengar bahwa pasukan musuh akan masuk melalui plengkung ini. Meskipun sudah diperbaiki tetapi bentuknya tidak kembali ke aslinya. Kamu bisa melihat bangunan ini kini berada di tengah-tengah rumah penduduk.

Nah, itulah lima gerbang utama Keraton Yogyakarta yang ternyata mempunyai sejarah tersendiri. Kamu pasti merasa tertarik akan Yogyakarta kan, Dears?

Salaam,








#SETIP
#SEmingguTIgaPostingan
#estrilookchallenge
#estrilookcommunity
#daytwelve





2 komentar:

  1. Penasaran dengan plengkung jagasura, jagabaya, dan madyasura. Ada fotonya ga mb?

    BalasHapus
  2. AYO Bergabung Bersama AJOQQ | Menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 8 Permainan Poker, Domino, Capsa Susun, BandarQ, AduQ, Bandar Poker, Sakong, Bandar66 ( NEW GAME!! )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 20% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 15 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Pin BB: 58cd292c
    website : AJOQQ.INFO

    BalasHapus