Minggu, 03 Maret 2019

5 Bakteri Berbahaya yang Biasa Ada di Kolam Renang, Sebaiknya Kamu Tahu, Dears


Dears, 

Kegiatan berenang itu sangat diidamkan anak-anak. Apalagi saat cuaca memungkinkan. Nah anak saya yang kecil entah panas atau hujan, berenang tetap jadi prioritas utama. Hal ini tak bisa ditolak, senangnya bukan main. Jika sudah di kolam renang bisa berjam-jam lamanya. Anak-anak suka sekali bermain air, terutama jika berada di kolam renang dengan teman- temannya. 

Sebagai orang tua saya harus selalu selektif memilih fasilitas kolam renang. Penting bagi kita mengetahui kebersihannya. Kolam renang yang kotor dan tak terjaga level bakteri sangat berbahaya bagi anak-anak. Padahal anak-anak akan sulit diajak berhenti kalau sudah bermain di kolam renang.   Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah bakteri utama berbahaya yang biasa menghuni kolam renang. Yuk, simak!
1. Shigellosis

Bakteri ini juga dikenal sebagai disentri basiler.  Mereka yang terkena bakteri ini mengalami muntah, mual, demam, kram, dan diare. 
2. E.coli

Escherichia coli merupakan bakteri berbahaya yang menyebabkan diare mulai dari diare ringan hingga diare parah.
3. Cryptosporidiosis

Bakteri ini sangat tahan terhadap desinfektan kimia yang biasanya digunakan untuk membersihkan kolam renang. Gejala penyakit utama mereka yang terkena bakteri ini adalah kram perut parah, demam, muntah, dan gangguan pencernaan lainnya.
4. Hepatitis A

Kuman ini sering terjadi di dalam kolam renang yang sistem pembuangan limbah dan lingkungan di sekitar kolam yang tidak sehat. Virus ini sendiri tidak merespon terhadap pengobatan antibiotik.
5. Pseudonomas

Bakteri pseudomonas menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan infeksi kulit serta telinga iritasi. Bakteri ini sendiri sering tumbuh di lingkungan berair hangat sebab suhu panas akan merusak kemampuan disinfektan dalam membersihkan bahan kimia.
Itulah 5 bakteri serta virus yang biasa menghuni kolam renang, Dears. Jadi baiknya lebih selektif lagi ,ya  , untuk memilih kolam renang. Bagi saya bukan berarti saya langsung menghapus kebiasaan berenang anak, karena berenang merupakan olahraga menyehatkan. Yang penting setelah berenang, segeralah anak -anak membersihkan diri dengan antiseptik untuk meminimalisasi perkembangan kuman.  

Salaam, 












#SETIP
#SEmingguTIgaPostingan
#estrilookchallenge
#estrilookcommunity
#dayten



1 komentar:

  1. Memang sih mba bakteri itu dimana mana apalagi kolam renang dimana banyak orang yang berenang disitu, biasanya sih kalau aku pilih kolam yang bersih dan setelah berenang bilas dengan bersih pula

    BalasHapus