Minggu, 25 November 2018

8 Tempat Berkemah yang Buat Liburanmu Makin Seru di Yogyakarta, Kamu Harus Kunjungi

Indonesia menyimpan banyak potensi diantaranya pesona alam dan budayanya. Di setiap sudut daerah tersimpan keindahan alam yang masih alami, mulai dari pantai, lembah, bukit, hutan, dan pegunungan. Salah satunya keindahan alam yang berada di Yogyakarta.

Jika kamu ingin menghabiskan waktu liburan dengan berkemah bersama keluarga atau teman, ada beberapa spot wisata alam di Yogya yang cocok buat kamu berkemah.  Jadi kamu nggak usah bingung kalau ingin bermalam dengan menggunakan tenda, ya, Dears.

Berikut beberapa rekomendasi tempat camping yang bisa kamu kunjungi sambil menikmati keindahan panorama alam bebas nan indah. 
1. Bukit Klangon Merapi


Lokasinya berada di Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Bukit ini terletak di lereng gunung Merapi. Akhir-akhir ini bukit Klangon semakin ramai dikunjungi oleh para Camper dan Instagrammer. Keindahan Merapi yang memukau dan sejuknya udara sekitarnya akan membuatmu betah berlama-lama camping disini.

2. Hutan Pinus Mangunan


Berada di daerah Mangunan, Dlingo, Imogiri, Bantul. Di tempat ini terdapat camping ground bagi para wisatawan yang ingin berkemah disini. Wisata alam yang dipenuhi pohon pinus berdiri tegak, mengeluarkan aroma khas kayu pinus. Suasana yang sejuk dan asri membuat nyaman para Camper.
Tak jarang yang camping disini juga ikut berburu spot selfie yang keren.

3. Taman Sungai Mudal, Kulon Progo


Salah satu tempat wisata terbaru di Kulon Progo, terletak di Pegunungan Menoreh tepatnya di Desa Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo. Selain sebagai tempat wisata, ada juga tempat khusus untuk berkemah bagi para wisatawan  yang ingin menikmati suasana malam disini. Ketika pagi harinya kamu dapat bermain air Pegunungan Menoreh  yang mengalir  disepanjang  sungai Mudal. 

4. Pantai Ngrumput


Berada di Desa Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul. Salah satu lokasi berkemah favorit di pantai. Banyak bebatuan yang tersebar, terlihat unik terhampar di sepanjang pantai. Dari atas bukit kamu bisa mengambil foto, viewnya cukup keren lho.  Pantai ini masih asri dan alami cocok untuk menenangkan pikiran dan bersantai. Walaupun akses pantai Ngrumput terbilang cukup sulit, tidak menjadikan alasan kamu untuk tidak kesini. Pengorbanan kamu akan terbayarkan sesampainya di lokasi dengan keindahannya yang eksostis.

5. Pantai Jungwok


Salah satu pantai yang cocok untuk berkemah di Gunungkidul, tepatnya di Desa Jepitu, Girisubo. Pantai ini dikelilingi bukit yang hijau dan begitu eksotis dipandang oleh para pengunjung. Ketika air pantai surut, kamu bisa melihat hamparan karang yang sangat luas. Ombak yang tidak terlalu besar pun bisa kamu nikmati disini, sungguh menyenangkan bermain deburan ombak yang indah. Banyak deretan tempat duduk yang bisa kamu pakai untuk menikmati tiupan angin yang menenangkan.

6. Pantai Kesirat


Pantai yang terletak di Desa Girikarto, Panggang ini memiliki karakter yang berbeda dengan pantai-pantai di Gunung Kidul. Disini tidak terdapat hamparan pasir putih dan buih ombak yang biasa bergelombang karena  pantainya langsung berhubungan dengan laut lepas. Kamu tidak perlu khawatir, ya, Dears, walaupun yang ada hanya tebing dan karang tapi pesona pantai ini sangat eksotis ketika pagi dan senja hari lho. Kamu  bisa menikmati sunrise dan sunset ketika berkemah di area tebing.

7. Pantai Sedahan


Lokasinya di Desa Jepitu, Girisubo. Nah pantai ini masih di daerah Gunung Kidul lho.  Dears, pantai Sedahan masih sangat sepi dari wisatawan pas dipakai untuk camping. Suasananya juga akan lebih menyenangkan jika kamu berkemahnya sambil mancing, tapi jangan lupa bawa perlengkapan mancing sendiri, ya. Berkemah di pantai juga bakar ikan, wah bakal seru liburan kamu. 

8. Pantai Greweng


Pantai yang masih asri dan alami, terletak di Desa Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul. Pemandangan alamnya cukup menarik perhatian. Kamu bisa menikmati keindahan pantai pada pagi dan sore hari. Terlihat begitu eksotis. Ketika  camping disini kamu akan merasakan keindahan karunia Tuhan. Kamu bisa menghilangkan penat setelah melakukan aktifitas sehari-hari.

Sebagai orang Indonesia kita harus bangga karena memiliki keindahan alam yang luar biasa, Dears.  Demikian destinasi yang bisa kamu jadikan tempat berkemah bersama keluarga dan teman-teman.
Happy Camping

Sumber :
  1. https://eksotisjogja.com/camping-di-gunung-kidul/
  2. https://tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/yogyakarta/tempat-camping-di-jogja
  3. https://www.kailbayu.com/2018/01/lokasi-kemah-dengan-pemandangan-indah.html?m=1
  4. https://traveloskyholiday.com/bukit-klangon-merapi.html



32 komentar:

  1. Wah.... noted nih. Kalo jalan2 ke jogja bisa jadi tempat rekomendasi. Plaing suka sama pemandangannya pantai Jungwook. Berasa di luar negeri ;).

    BalasHapus
  2. Wah, saya baru tahu kalau banyak pantai di Yogyakarta yang rekomended. Tahunya parangtritis aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak mb..apalagi Gunung Kidul..pasirnya putih loh

      Hapus
  3. Kami keluarga kemping. Musti dijajal memang ya ini Yogya...seluruh Indonesia pastinya...masuk dream book dulu biar nggak lupa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip..mb..Yogya destinasi selanjutnya yaa hehhe

      Hapus
  4. Wah yang pernah sy kunjungi hny yg hutan pinus..boleh juga destinasi berikutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mb..silakan..
      Semua tempat indah pemandangannya...

      Hapus
  5. asik kayaknya nih camping ala2 anak sekolah jaman dulu. apalagi kalo tempatnya keren-keren kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih bakalan seru habiss nih..mana pake camping ala2 ank sekolah

      Hapus
  6. Selalu ingin kembali k jogja, tempat favorit.

    BalasHapus
  7. Bisa jadi rekomendasi buat traveler, makasih ya, Mba.

    BalasHapus
  8. Insyaallah masuk list travel keluarga saya nih, kece-kece tempatnya

    BalasHapus
  9. Aaaaak pengennnnn, kemah bareng yukkssssss mbaa

    BalasHapus
  10. Hwaaaa pengennn!!! Hayuk budhal bareng Mb Nurrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yukkk mb...
      Apa mau jauh sekalian..di Sekipan?๐Ÿคฃ

      Hapus
  11. Wuihhh ternyata di pantai bisa kemah juga ya, baru tau aku *kudet ๐Ÿ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mb...
      Gegara adikku pada kemping bareng teman2nya pas yo di pantai lagik..jadi kepikiran buat tulisan kayak gini.
      Yuk ikut budhal kemping wkwkwk

      Hapus
  12. Ke yogya 4 kali tapi belum sampai ke aana2 wkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke yogya lagik yuk mb, ambil waktu libur panjang๐Ÿ˜Š

      Hapus
  13. Waktu liburan dulu mau k pantai kesirat nih, tapi lokasi jauh dari gunkid jadi gagal deh. Semoga ada kesempatan lainnya

    BalasHapus
  14. Wah kereen ya...
    Saya belum pernah k situ

    BalasHapus
  15. Makasih mba sharingnya, saya sudah sering ke Yogyakarta tapi ujung-ujungnya ke Marioboro lagi itu lagi. Ternyata banyak spot cantik yang belum pernah saya kunjungi saat ke Yogyakarta. Insya Allah tanggal 13-15 Desember mau ke Yogyakarta.. semoga ada kesempatan yah ke salah satu spot diatas...

    BalasHapus