Minggu, 11 November 2018

Berbagai Minuman Khas Indonesia di Kala Hujan Turun, Bakal Jadi Pilihan Tepat

Dears, musim kemarau telah lewat dan tiba saatnya musim penghujan. Cuaca sudah berubah menjadi dingin. Pada saat musim kemarau, mesti kalian butuh minuman yang segar  untuk menghilangkan dahaga. Sebaliknya, di musim hujan minuman yang akan kalian pilih adalah yang bisa menghangatkan badan. Minuman yang hangat jadi teman yang tepat di kala hujan, ya kan Dears? 

Dirangkum dari beberapa sumber bahwa di Indonesia terdapat berbagai minuman khas yang dapat menghangatkan badan. Mau tahu apa saja? Yuk kita kenali satu persatu di bawah ini.

  1. Wedang Tahu


liburmulu.com

Minuman khas Semarang ini konon berasal dari China yang dibawa oleh imigran dari negara tersebut ke Indonesia pada akhir abad ke-19. Rasanya yang lembut, gurih dan hangat berkhasiat sebagai penghangat badan dan cocok dinikmati pada musim hujan lho. Wedang tahu ini berisi kembang tahu yang terbuat dari sari kedelai dan beraroma jahe serta rempah lainnya yakni serai, daun jeruk dan daun pandan. 

2. Wedang Uwuh

i.ebayimg.com

Wedang dalam bahasa Jawa yang berarti minuman, sedangkan uwuh yaitu sampah. Bukan berarti minuman sampah ya, Dears. Minuman ini berisi daun-daunan dan rempah-rempah jadi seperti sampah. Bagi orang Yogyakarta tidak asing lagi dengan minuman ini secara minuman khas dari Imogiri. Wedang uwuh dengan aroma cengkeh, kayu manis dan rasa yang pedas juga manis. Pedas yang didapatkan dari jahe. Warna merah bukan dari pewarna lho, tapi dari kayu secang. Nikmatnya sungguh tiada duanya, dapat dinikmati pas cuaca dingin.

3. Wedang Angsle

ellyanadhirotin1426.blogspot.com

Wedang ini mirip seperti kolak. Minuman khas dari kota Apel yakni Malang ini enak disajikan pada saat panas dan dalam cuaca dingin. Rasa khasnya mengingatkan pada sekoteng, hanya saja wedang angsle ditambahkan santan. Isinya pun sama mirip sekoteng. Ada kacang hijau rebus, kacang tanah sangrai. Wedang Angsle ditambahkan putu mayang, tape singkong dan ketan putih.

4. Wedang Jaselang (Jahe, Secang dan Alang-alang)

www.kebudayaanindonesia.com

Satu lagi minuman khas dari kota Apel yang bisa dinikmati ketika musim hujan. Bahan yang digunakan adalah jahe, kapulaga, merica, secang dan alang-alang. Selain menghangatkan badan, minuman ini juga berkhasiat untuk menjaga stamina.

5. Kopi Rarobang

Foto: Good News from Indonesia

Ambon, terkenal dengan kopi Rarobang. Rasanya berbeda dengan kopi biasa. Kopi khas ini adalah campuran dari kopi arabica dengan  rempah-rempah yang mudah ditemui di Ambon. Bahan rempahnya antara lain cengkeh, kayu manis, serai, jahe dan daun pandan. Kopi dimasak bersamaan dengan semua rempah, setelah mendidih lalu angkat dan saring. Taburkan kacang kenari yang sudah disangrai dan kopi siap dinikmati.

6. Sarabba


Banyumurti.net

Minuman khas dari Makassar ini, menggunakan jahe, gula aren, kuning telur, merica,  kayu manis dan santan. Rasa yang dihasilkan terasa hangat, pedas, dan manis. Sarabba lebih nikmat diminum saat hangat dan dalam cuaca dingin. Aroma khasnya  menggugah selera.  Setelah minum ini, badan akan mengeluarkan keringat. Sehingga minuman ini cocok untuk penyakit masuk angin .


7. Aia Kawa
minangkabaunews.com

Aia Kawa merupakan minuman tradisional dari Padang, Sumatera Barat. Minuman Indonesia yang terbuat dari daun kopi ini diseduh seperti teh. Uniknya, Aia Kawa disajikannya menggunakan tempurung kelapa, tidak dengan gelas. Minuman ini cocok diminum ketika dingin atau turun hujan karena dapat menghangatkan badan.

8. Guraka

thebatikhotel.com

Salah satu minuman khas dari Ternate. Minuman hangat berbahan jahe, gula merah dan kenari yang dipotong kecil-kecil. Rasanya pedas dan manis cukup untuk menghangatkan badan di waktu sore atau disaat cuaca hujan. Jika kalian suka manis-manis, bisa menambahkan susu kental manis.

Baiklah Dears, itulah beberapa minuman hangat khas Indonesia yang bisa dijadikan rekomendasi ketika cuaca dingin dari berbagai daerah. Boleh dong, kalian tulis di kolom komentar minuman khas saat musim hujan  yang ada di daerah kalian agar dapat tambahan rekomendasi!

Referensi :


  1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Wedang_tahu
  2. http://kooliner.com/blog/nikmatnya-wedang-angsle-asli-malang/
  3. https://www.gulalives.co/minuman-khas-indonesia/
  4. http://www.lintaskopi.com/kopi-rarobang-khas-ambon/
  5. https://initu.id/minuman-khas-yang-berasal-dari-34-provinsi-di-indonesia/


14 komentar:

  1. Waah, baru tahu kalo Tahu bisa dijadiin minuman.

    BalasHapus
  2. Paling suka dengan sarabba karena dari kampungku, hehehe. Sarappa plus ubi atau pisang goreng/rebus, rasanya mantap banget. Duh, jadi kangen kampung halaman, nih...

    BalasHapus
  3. Liat wedang jahe jadi ingat kota Solo. Dulu pas kuliah di sana seriing bagt minum kayak gitu..
    Apalagi lagi musim hujan...brrr
    Anyway saya baru tahu klu ada wedang tahu ya mbak..saya belum pernah nyoba

    BalasHapus
  4. No 7 dan 8 aku belum penah nyobain๐Ÿ˜

    BalasHapus
  5. Aaah, jadi ngileer Mbak. Pingin nyoba nomor 5,6,7, dan 8 hihihi

    BalasHapus
  6. Air guraka best momen banget waktu masa kecil di Ternate suka banget minum itu waktu malem-malem

    BalasHapus
  7. Jogja ada sekoteng, wedhang uwuh, wedhang rondhe ya mba Nur.
    Tapi aku kok pengen yg no 3 dari kota Malang. Ada putu mayangnya segala, unik

    BalasHapus
  8. Wedang tahu kok jarang nemu di jogja ya, dulu pas di rumah kakakku di jakarta sering tuh lewat depan rumahnya, enakkkk enakk banget. Mmm jadi pengen lagi

    BalasHapus
  9. saya penasaran sama wedang uwuh itu, mbak..
    belum pernah minum, padahal orang jogjja sayanya

    BalasHapus
  10. I love wedang tahu ๐Ÿ˜ tp sayang dsini gk ad yg jual ๐Ÿ˜ข
    Sarabba juga enak
    Duhh jd mupeng ๐Ÿ˜„

    BalasHapus
  11. Kalau di Bandung atau Jawa Barat khasnya Bandrek dan Bajigur. Hangat dan enak kala hujan. Hehe

    BalasHapus
  12. Wedang tahu tuh enak. Kalau di Malang namanya Tahwa. Enak. Lembut kembang tahunya. Trus kuahnya anget.

    Angsle juga enak. Suka banget. Bisa bikin agak kenyang juga.

    BalasHapus